KANDUNGAN NITRIT (NO2) DAN NITRAT (NO3) DALAM AIR MINUM DI DESA CIKETING UDIK KECAMATAN BANTAR GEBANG KOTA BEKASI

Authors

  • Wiwin Windasari STIKes Mitra Keluarga
  • Elfira Maya Sari STIKes Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmk.v3i2.79

Keywords:

air minum, nitrit dan nitrat, ion kromatografi

Abstract

Pendahuluan: Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Persyaratan pokok air meliputi persyaratan biologi, fisika, dan kimiawi. Masalah yang serius di negara berkembang yaitu masalah kimiawi yang tidak dapat diatasi dengan merebus air untuk diminum, salah satunya seperti kandungan nitrit dan nitrat. Kandungan nitrit dan nitrat di dalam air minum tidak boleh melebihi kadar yang telah ditetapkan oleh Permenkes RI NO. 492 Tahun 2010 yaitu 3 mg/L untuk nitrit dan 50 mg/L untuk nitrat.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nitrit dan nitrat dalam air minum di Desa Ciketing Udik Kecamatan Bantar Gebang Kota Bekasi dan untuk mengetahui kesesuaian kadar nitrit dan nitrat dalam air minum dengan kadar yang telah ditetapkan.

Metode: Metode yang digunakan yaitu Ion Kromatografi yang dapat mengukur kadar nitrit dan nitrat secara bersamaan dalam satu sampel. Fase diam berupa kolom berbahan silika gel yang dilapisi oleh resin penukar anion. Eluen yang digunakan yaitu natriun borat glukonat dengan pelarut asetonitril. Ion-ion dalam larutan sampel dibawa melalui fase gerak.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 sampel mengandung nitrit sebesar 0,91 mg/L dari 15 sampel yang masih dibawah kadar baku mutu dan 2 sampel dari 15 sampel mengandung nitrat yang melebihi kadar baku mutu sebesar 68,14 mg/L dan 112, 25 mg/L.

Kesimpulan: Sampel tersebut dinyatakan tidak layak untuk dikonsumsi.

References

Anggreini, P. (2016). Pemeriksaan Kadar Nitrit dan Nitrat dalam Bayam (Amaranthus hybridus L.) secara Spektrofotometri Sinar Tampak. Universitas Sumatera Utara.

Daraei, H., Maleki, A., Mahvi, A. H., Alaei, L., Rezaee, R., Ghahremani, E., & Mirzaei, N. (2015). Simultaneous determination of inorganic anions in bottled drinking water by the ion chromatography method. Journal of Water Chemistry and Technology, 37(5), 253–257.

Emilia, I. (2019). Analisa kandungan Nitrat dan Nitrit Dalam Air Minum Isi Ulang menggunakan Metode Spektrofotometri UV-Vis. Indobiosains, 1(1).

Fajarini, S. (2014). Analisis Kualitas Air Tanah Masyarakat Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kelurahan Sumur Batu Bantar Gebang, Bekasi 2013.

Hamzah, F. (2017). Dampak keberadaan tempat pembuangan sampah terpadu (tpst) terhadap kesejahteraan keluarga pemulung perantau di RT 01 RW 05 Ciketing Udik Bantargebang Bekasi. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hasugian, dwi riismei marianti. (2018). Pemeriksaan Kadar Nitrat-Nitrit Di Dalam Air Minum Yang Berasal Dari Kecamatan Parlilitan Kab. Humbang Hasundutan Dengan Metode Spektrofotometri Uv/Vis. 1–88.

Nezhad, A. B., Emamjomeh, M. M., Farzadkia, M., Jafari, A. J., Sayadi, M., & Talab, A. H. D. (2017). Nitrite and nitrate concentrations in the drinking groundwater of Shiraz City, South-central Iran by statistical models. Iranian Journal of Public Health, 46(9), 1275.

Ompusunggu, H. (2009). Analisa Kandungan Nitrat Air Sumur Gali Masyarakat Di Sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Di Desa Namo Bintang Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Medan.

Osu Chemistry Reel. (2011). Ion Chromatography- Calibration. Retrieved from https://research.cbc.osu.edu/Reel/Research-Modules/Environmental-Chemistry/Instrumentation/Instrument-Calibration/Ion-Chromatography-Calibration/

Pakpahan, H. M. C. (2018). Penetapan Kadar Nitrat dan Nitrit dalam Air Minum Kemasan Mineral dan Demineral Secara Spektrofotometri Sinar Tampak.

Permenkes No. 492/Th.2010. Persyaratan Kualitas Air Minum. , Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia § (2010).

Rahmi, E. (2016). Validasi Metode Analisis N-(hidroksietil)-p-metoksi sinamamida dalam Plasma secara In Vitro menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT). Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiowati, S., Roto, R., & Wahyuni, E. T. (2016). Monitoring Kadar Nitrit Dan Nitrat Pada Air Sumur Di Daerah Catur Tunggal Yogyakarta Dengan Metode Spektrofotometri Uv-vis (Monitoring of Nitrite and Nitrate Content in Ground Water of Catur Tunggal Region of Yogyakarta by Uv-vis Spectrophotometry). Jurnal Manusia Dan Lingkungan, 23(2), 143–148.

Standar Nasional Indonesia. (2008). Patent No. 6989.58.

Wonorahardjo, S. (2013). Metode-Metode Pemisahan Kimia. Sebuah Pe-Ngantar, Akademia Permata, Jakarta.

Yuan, L. (2016). Ion Chomatograhy A Special Application Of Hplc (pp. 1–35). pp. 1–35. Shimadzu.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Windasari, W., & Sari, E. M. (2021). KANDUNGAN NITRIT (NO2) DAN NITRAT (NO3) DALAM AIR MINUM DI DESA CIKETING UDIK KECAMATAN BANTAR GEBANG KOTA BEKASI. Jurnal Mitra Kesehatan, 3(2), 70–75. https://doi.org/10.47522/jmk.v3i2.79