PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PREVENTIF HIPERTENSI PADA REMAJA DI KELURAHAN GADING SURABAYA

EFFECTIVENESS OF NUTRITION EDUCATION USING GLIDEAPPS-BASED E-MODULE ON PREVENTIVE KNOWLEDGE AND ATTITUDE OF HYPERTENSION IN ADOLESCENTS IN GADING VILLAGE SURABAYA

Authors

  • Prima Aulia Rahma Program Studi S1 Gizi Universitas Negeri Surabaya, Jl. Lidah Wetan Surabaya, 60213, Jawa Timur, Indonesia
  • Choirul Anna Nur Afifah Program Studi S1 Gizi Universitas Negeri Surabaya, Jl. Lidah Wetan Surabaya, 60213, Jawa Timur, Indonesia
  • Wildan Alfira Gusrianto Program Studi S1 Gizi Universitas Negeri Surabaya, Jl. Lidah Wetan Surabaya, 60213, Jawa Timur, Indonesia
  • Desty Muzarofatus Sholikhah Program Studi S1 Gizi Universitas Negeri Surabaya, Jl. Lidah Wetan Surabaya, 60213, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmk.v7i2.385

Keywords:

Hipertensi, E-Modul, Pengetahuan, Remaja, Sikap

Abstract

Pendahuluan : Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat merupakan faktor risiko kejadian hipertensi pada usia remaja. Edukasi gizi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pencegahan hipertensi pada remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap sebelum dan sesudah edukasi gizi, pengaruh edukasi melalui e-modul terhadap pengetahuan dan sikap, serta efektivitas edukasi melalui e-modul terhadap pengetahuan dan sikap tentang preventif hipertensi pada remaja di Kelurahan Gading Surabaya. Metode: Desain penelitian ini quasi experimental design. Sampel berjumlah 96 remaja Kelurahan Gading yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (e-modul) dan kontrol (powerpoint) dengan setiap kelompok berjumlah 48 remaja. Analisis menggunakan uji Wilcoxon dan N-Gain. Hasil: Nilai median pengetahuan kelompok e-modul meningkat dari 60 (10-70) menjadi 90 (60-100) dengan selisih peningkatan 30, pada kelompok powerpoint meningkat dari 55 (10-100) menjadi 80 (30-100) dengan selisih peningkatan 25. Nilai median sikap kelompok e-modul meningkat dari 68,75 (65-97,5) menjadi 85 (75-100) dengan selisih peningkatan 16,25, pada kelompok powerpoint meningkat dari 77,5 (60-97,5) menjadi 85 (45-100) dengan selisih peningkatan 7,5. Edukasi gizi preventif hipertensi dengan e-modul dan powerpoint berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan remaja di Kelurahan Gading (p<0,05). E-modul berpengaruh signifikan terhadap sikap remaja di Kelurahan Gading (p<0,05), sedangkan pada kelompok powerpoint tidak (p>0,05). Uji N-Gain menunjukkan e-modul efektif meningkatkan pengetahuan (N-Gain=78%), tetapi tidak efektif mengubah sikap remaja. Kesimpulan: E-modul gizi berbasis glideapps dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap serta efektif dalam meningkatkan pengetahuan preventif hipertensi remaja di Kelurahan Gading Surabaya.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aulia Rahma, P., Nur Afifah, C. A., Gusrianto, W. A., & Sholikhah, D. M. (2025). PENGARUH PENDIDIKAN GIZI MENGGUNAKAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PREVENTIF HIPERTENSI PADA REMAJA DI KELURAHAN GADING SURABAYA : EFFECTIVENESS OF NUTRITION EDUCATION USING GLIDEAPPS-BASED E-MODULE ON PREVENTIVE KNOWLEDGE AND ATTITUDE OF HYPERTENSION IN ADOLESCENTS IN GADING VILLAGE SURABAYA. Jurnal Mitra Kesehatan, 7(2), 158–173. https://doi.org/10.47522/jmk.v7i2.385