IDENTIFIKASI JAMUR PADA LALAT DI YAYASAN TUNAS MULIA BANTAR GEBANG

Authors

  • Ika Nurfitrianti STIKes Mitra Keluarga
  • Maulin Inggraini STIKes Mitra Keluarga
  • Noor Andryan Ilsan STIKes Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmk.v2i1.22

Keywords:

lalat, vektor, jamur

Abstract

Pendahuluan: Yayasan Tunas Mulia, Bantar Gerbang merupakan sekolah alam yang terdapat di daerah Bantar Gebang. Siswa Yayasan Tunas Mulia tinggal didaerah TPST Bantar Gebang sehingga banyak ditemukan lalat di sekitar tempat tinggal mereka. Kelompok lalat yang sering kita temui di lingkungan yaitu lalat rumah, lalat hijau dan lalat daging. Lalat dapat menularkan berbagai macam penyakit terutama penyakit yang disebabkan oleh jamur. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengidentifikasi jamur pada lalat di Yayasan Tunas Mulia Bantar Gebang.

Metode: Metode penelitian ini secara Cross Sectional yaitu mencuplikan seekor sampel lalat dalam satu waktu. Objek penelitian adalah Lalat yang ditangkap di Yayasan Tunas Mulia Bantar Gebang.

Hasil: Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah didapatkan dua jenis spesies lalat yaitu Musca domestica dan Chrysomya megachepala. Jamur yang di dapatkan pada permukaan tubuh lalat Musca domestica yaitu Aspergillus niger, Aspergillus flavus, Fusarium oxysporum, dan pada permukaan tubuh lalat Chrysomya megachepala yaitu Aspergillus fumigatus dan Aspergillus flavus

Kesimpulan: Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui penyakit yang disebabkan oleh jamur dari penyebaran lalat dilingkungan masyarakat.

References

Aminah, N., Mardiana, & Supraptini. 2005. Jenis Jamur dan Lalat yang ditemukan pada makanan jajanan dari pasar dan warung di Jakarta. Media Litbang Kesehatan, Vol.17 No.1.

Arroyo, H.S. 1998. Distribution and importance. Life Cycle and description Damage Economic Injury Level Management, Depart of Entomology Nematology.

Dwiyana putri, O,. Sastrahidayat, Ika Rochdjatun,.Djauhari, Syamsuddin. 2014. Pengaruh metode inokulasi jamur Fusarium oxysporum f.sp. terhadap kejadian penyakit layu fusarium pada tanaman tomat. Jurnal HPT.

Ellis, D., Davis, S.,Alexiou, H.,Handke, R., Bartley, R.. 2007. Description of medical fungi. Australia: Adeliade.

Hasanah, U. 2017. Mengenal Aspergilosis, infeksi jamur Genus Aspergillus. Jurnal keluarga sehat sejahtera.

Hastutie, P., & Fitri, L. E. 2007. Potensi (Musca domestica) Linn. Sebagai Vektor Beberapa Penyakit. Jurnal kedokteran Brawijaya, 23(3):125-136.

Imamto, M. 2015. Radang telinga luar. jurnal kesehatan, 6(2):201-210

Jawetz . 1996. Mikrobiologi kedokteran edisi ke 20. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran Jakarta.

Konaman, E. 1992. Color atlas and text of diagnostic mikrobiology. United states of america: J.B Lippincott Company.

Kusoputranto. 2002. kesehatan lingkungan pemukiman dan perkotaan. FKM UI.

Maulana, Y. C., Rohmat, D., & Ruhimat, M. 2014. Zonasi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) BantarGebang. Jurnal Gea.

Melsilawati, W., & Khotimah, S. 2012. Jamur yang terdapat pada tubuh lalat rumah. Protobiont.

Prasetyaningsih, Y., Nadifah, F., & Susilowati, I. 2015. Distribusi Jamur Aspergillus Flavus pada Petis Udang Yogyakarta. University Research Coloquium.

Samson, Robert., & Pitt. J.I. 2000. Intergration of modern taxonomic methods for Penicillium and Aspergillus Classifaction . Harwood Scientific Publisher Amsterdam.

Sembel, D. 2009. Entomologi Kedokteran. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Semangun, H. 1996. Pengantar ilmu penyakit tumbuhan. Yogyakarta: Gajah Mada Press.

Shahid, M., Malik, A., & Bhargava R. 2001. Prevalence of aspergilosis in chronic lung diseases,Indian. J Med Microbiol, 19(2):201-205

Tumrasvin, W., & Satoshi, S. 1978. Studies on medially important flies in thailand V. on 32 species belonging to the subfamilies muscinae and stomoxyinae including the taxonomic keys (Diptera: Muscide). Bull tokyo med Dent Univ, 25(4):201-207

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Nurfitrianti, I., Inggraini, M., & Ilsan, N. A. (2019). IDENTIFIKASI JAMUR PADA LALAT DI YAYASAN TUNAS MULIA BANTAR GEBANG. Jurnal Mitra Kesehatan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.47522/jmk.v2i1.22

Abstract View: 174 | Downloaded : 174