HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN DIET HIPERTENSI PADA LANSIA: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Eka Agustina STIKes Mitra Keluarga
  • Anung Ahadi Pradana STIKes Mitra Keluarga

DOI:

https://doi.org/10.47522/jmk.v5i1.169

Keywords:

Lansia, Kepatuhan diet hipertensi, Tingkat pengetahuan

Abstract

Pendahuluan: Lanjut usia merupakan tahap terakhir dari kehidupan, sehingga sangat mudah ditemui masalah kesehatan terutama tekanan darah tinggi yang sering ditemui oleh lansia. Tekanan darah tinggi merupakan masalah bagi lansia. Hipertensi masih menjadi masalah kesehatan  global dan lokal karena disebut “silent killer” karena tekanan darah tinggi dapat berakibat fatal dan seringkali terjadi tanpa tanda atau gejala apapun. Salah satu penyebab meningkatnya jumlah penderita tekanan darah tinggi adalah karena ketidaktahuan lansia yang mengarah pada perilaku  tidak sehat, apalagi jika diet hipertensi tidak diikuti dengan benar.

Metode: Dilakukannya penelitian ini dengan maksud tujuan dapat mengetahui apakah adanya hubungan pengetahuan terhadap kepatuhan diit hipertensi pada individu lanjut usia. Metode penulisan terdiri dari beberapa artikel dengan tinjauan literatur tentang topik yang  dipilih oleh penulis. Basis data yang digunakan untuk mencari artikel  adalah Google Scholar dan Pubmed.

Hasil: Tinjauan literatur sistematis dilakukan untuk mengidentifikasi penelitian yang  diterbitkan antara 2017 dan 2022 tentang hubungan pengetahuan dan kepatuhan diet hipertensi pada lansia. Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan mempengaruhi kepatuhan terhadap diit hipertensi pada lansia.

Hasil: Dalam literature review yang dilakukan, penulis mengumpulkan 10 artikel yang menyebutkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan diet  pada lansia.

Kesimpulan:  Berdasarkan 10 artikel dapat diketahui tingkat pengetahuan mempengaruhi kepatuhan diet hipertensi pada lansia.

Author Biography

Anung Ahadi Pradana, STIKes Mitra Keluarga

Program Studi S1 Keperawatan

References

Barkah, A., Stikes, S., Nusantara, A., & Abstrak, J. (2022). Hubungan Kepatuhan Diit Hipertensi Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia. In Jurnal Antara Kebidanan (Vol. 5, Issue 2).

DA, I. A., & Hendrawati. (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Diet Hipertensi Pada Lansia Di Lampung Honje Luhur Kelurahan Sukagalih Wilayah Kerja PKM Pembangunan Kecamatan Tarogong Kidung Kabupaten Garut Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada, 18, 104–110.

Darmarani, A., Darwis, H., & Mato, R. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Diet Hipertensi Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Desa Buntu Buda Kecamatan Mamasa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15, 366–370.

Dewi, S. R. (2014). Buku Ajar Keperawatan Gerontik (S. R. Dewi, Ed.; Cetakan I). Deepublish.

Hikmawati, Marasabessy, N. B., & Pelu, A. D. (2022). Tingkat Pengetahuan Mempengaruhi Kepatuhan Diet Hipertensi Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Indonesia Timur (East Indonesian Nursing Journal), 2, 45–53.

Islani, G. U. Y., Harun, O., & Barus, S. U. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Kepatuhan Diet Hipertensi Pada Lansia Penderita Hipertensi. Jurnal Kesehatan Budi Luhur, 14, 465–469.

Kemenkes. (2019). Hipertensi Penyakit Paling Banyak Diidap Masyarakat. https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/hari-hipertensi-dunia-2019-know-your-number-kendalikan-tekanan-darahmu-dengan-cerdik

Maisarah, S., Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah KualaBanda Aceh, P., & Keilmuan Keperawatan Gerontik Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, B. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Lanjut Usia Dalam Menjalani Diet Hipertensi: Vol. VI.

Nasution, N. S., & Wahyudi, C. T. (2022). Level Of Knowlegde And Eating Regulation With The Incidene Of Hypertension In The Elderly. In NURSING ANALYSIS: JOURNAL OF NURSING RESEARCH (Vol. 2, Issue 1).

Pratiwi, H. I., Apriliyani, I., & Yudoyono, D. T. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Diit Hipertensi pada Lansia Hipertensi dengan Tekanan Darah di Wilayah Pukesmas 1 Sumpiuh. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM), 1508–1518.

Prihatini, S., Permaesih, D., Diana Julianti Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat, E., Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, B., Kesehatan Jl Percetakan Negara No, K. R., & Pusat, J. (2016). Gizi Indon. 39(1), 15–24. http://ejournal.persagi.org/go/

Putri, D. M. F. S., & Supartayana, K. D. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lansia Tentang Hipertensi Dengan Kepatuhan Diet Hipertensi di Panti Sosial Tresna Werdha Jara Mara Pati Buleleng . Jurnal Medika Usada, 3, 41–47.

Sunariyah, Safutri, W., Maesaroh, S., & Sagita, Y. D. (2021). Hubungan Kepatuhan Diit Hipertensi Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Posbindu PTM Desa Raman Endra Kabupaten Lampung Timur Tahun 2021. Jurnal Maternitas Aisyah (JAMAN AISYAH), 12–19.

Widiyawati, W., & Sari, D. J. E. (2020). Keperawatan Gerontik (W. Widyawati & D. J. E. Sari, Eds.; Cetakan I). Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Agustina, E., & Pradana, A. A. (2022). HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN KEPATUHAN DIET HIPERTENSI PADA LANSIA: LITERATURE REVIEW. Jurnal Mitra Kesehatan, 5(1), 41–48. https://doi.org/10.47522/jmk.v5i1.169

Issue

Section

Literature Review

Abstract View: 628 | Downloaded : 449